Saturday, April 14, 2018

RAHASIA BUDIDAYA TANAMAN BONSAI


Setiap tanaman dapat dijadikan bonsai, tetapi harus memiliki ketekunan dan ketelatenan untuk menciptakannya menjadi tanaman hias. Budidaya bonsai sudah dimulai sejak lama dan memiliki penggemar yang tidak pernah surut. Membudidayakan tanaman dengan cara bonsai dapat menghasilkan pohon dengan tampilan yang lebih menarik. 
Untuk beberapa jenis tanaman, bisa tumbuh hanya dengan ketinggian tidak sampai satu meter. Ada banyak tanaman yang bisa dibudidaya secara bonsai, yang paling sering sebut saja seperti pohon beringin, pohon kelapa, pohon jambu biji dan tanaman bonsai serut yang terkenal keindahannya. Bagi Anda yang baru saja mulai tertarik dan ingin budidaya tanaman hias bonsai, berikut cara sederhana untuk budidaya tanaman bonsai.


CARA BUDIDAYA TANAMAN HIAS BONSAI 



Tanaman Bonsai


Tanaman bonsai memiliki keunikan dan nilai seni tersendiri. Bonsai dikenal sebagai tanaman berbentuk kerdil, selain kerdil, lekukan pohon, ranting dan daunnya ditambah pot yang besarnya disesuaikan dengan ukuran pohon semakin indah untuk dilihat. Ada beberapa hal yang harus diperkatikan jika ingin mulai menekuni budidaya tanaman hias bonsai, diantaranya yaitu :



PEMILIHAN BIBIT TANAMAN

Pemilihan bibit menjadi faktor  utama dalam setiap proses budidaya budidaya tanaman hias bonsai yang baik tidak mungkin bisa terjadi jika bibit tidak berasal dari bibit yang unggul. proses membonsai merupakan pekerjaan yang rumit, diperlukan pohon berkualitas baik dalam segala aspek, sehingga nantinya pohon bisa dibentuk dengan baik. 
Untuk mendapatkan bonsai yang cantik, sebaiknya memiliki bibitan pohan yang memiliki strutur batang dan bagian pohon yang indah, misal memiliki cabang dan lekukan yang indah seperti pohon beringin. Namun, untuk pemula bisa gunakan pohon jambu yang mudah untuk dibentuk. Cara membuat bonsai tanaman jambu biji juga tidak terlalu sulit, sehingga bisa dijadikan media untuk awal belajar.



PEMANGKASAN / PEMBENTUKAN TANAMAN

Proses yang kedua dalam budidaya tanaman hias bonsai adalah melakukan pemangkasan dan pembentukan tanaman. Pemangkasan dilakukan untuk membuang dahan dan ranting yang tidak dibutuhkan dan jika tidak dibuang akan menghambat. Pemangkasan juga dilakukan untuk membentuk bagian tubuh pohon sesuai dengan keinginan. 
Disarankan untuk melakukan pemangkasan dari bagian pangkal yang bercabang agar pohon tidak mengering. Setelehnya, pohon bisa mulai dibentuk dengan teknik pengawatan pada berbagai bagian pohon yang ingin dibentuk. Untuk jenis tanaman bonsai beringin dan tanaman bonsai kamboja memiliki struktur pohon yang indah sehingga tidak terlalu sulit dibentuk, sehingga cocok dijadikan uji coba bagi para pemula.



MEMPERSIAPKAN POT 


Mempersiapkan tempat untuk tanaman bonsai tumbuh adalah tahapan lain yang harus dipersiapkan. Pot menjadi media tanaman yang umum dipakai untuk tanaman bonsai. Pot dipilih karena tanaman ini memang bisa hidup dengan baik di dalam pot, apalagi untuk jenis tanaman bonsai hias dengan ukuran mini, seperti tanaman bonsai serabut. Namun, pot ini juga bisa tidak digunakan jika ingin menanamnya langsung di tanah, pemilihan lahan langsung di tanah biasanya dipakai untuk tanaman ukuran besar seperti pohon kelapa. Nah, untuk menambah estetika pohon bonsai, bonsai bisa ditempatkan di pot yang terbuat dari batu alam yang cantik.



PERAWATAN BERKALA

 

Langkah terakhir untuk menumbuhkan bonsai yang indah dan berkualitas adalah dengan melakukan perawatan yang baik dan benar. Budidaya tanaman hias bonsai memerlukan perhatian ekstra, pertumbuhan batang, cabang dan ranting harus benar-benar dipantau. 
Lakukan pemangkasan secara berkala, jangan lupa untuk memupuk tanaman dan menyiramnya secara rutin. Berikan beberapa vitamin agar tanaman bonsai tidak mudah mati.
Bonsai adalah tanaman yang tumbuh dengan sangat lambat, oleh karena itu, ketelatenan sangat dibutuhkan untuk menanam bonsai. 

 Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Translate